News

Area Taman Nasional Gunung Rinjani akan dimonitor kamera CCTV

 


Kamera CCTV biasanya diaplikasikan di perkantoran, industri, tempat umum dan perumahan. Namun  Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) berencana akan membangun dan menggunakan CCTV dalam mengawasi serta melayani wisatawan.

Sekitar 70 persen area TNGR akan dimonitor dengan CCTV yang telah disiapkan oleh Balai TNGR sehingga pengawasan terhadap wisatawan yang berkunjung bisa dilakukan dengan mudah.

“Saat ini sudah kita mulai pengerjaannya, kita sudah bangun satu tower di Segara Anak. Dengan adanya CCTV kita bisa memantau secara real time,” tutur Mustafa Imran Lubis Kepala Bagian Tata Usaha Balai TNGR dalam jumpa pers di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (4/10/2016)

Selain CCTV, Balai TNGR juga berencana menggunakan sistem online booking untuk melayani wisatawan yang akan berkunjung serta memantau data pengunjung.

“Penggunaan sistem digital seperti online booking dan CCTV ini merupakan langkah TNGR untuk mengawasi secara akurat data dan keadaan pengunjung yang mendaki di Rinjani”. Ungkap Mustafa.

Mustafa mengatakan, pemasangan CCTV ini sangat penting sebab, saat ini jumlah pengunjung ke TNGR masih simpang siur karena banyaknya wisatawan yang menggunakan jalur tidak resmi. Karena itu ia berharap program digital ini bisa terealisasi pada 2017.

Mustafa juga mengatakan bahwa dengan penerapan sistem digital tersebut, balai TNGR bisa melakukan pembatasan pengunjung, dan mengontrol jika sudah melebihi kuota. Dia juga berharap pada tahun 2017 sudah bisa digunakan.